Selasa, 09 November 2010

TIPS MENGHILANGKAN RASA NGANTUK SISWA

Saya seorang guru PKn, sering saya alami beberapa kendala dalam memberikan materi pada peserta didik saya, terutama pada siang hari, lalu saya coba mencari solusi yaitu dengan memberikan selingan pada saat pembelajaran berlangsung ... mudah-mudahahan Tips saya ini bisa bermanfaat...
Memberikan materi siang hari sering kita saksikan siswa yang ngantuk ..... saya mencoba mencoba mengajak siswa bermain tebak-tebakan .... dengan menggunakan aplikasi matematika kita bisa mencoba menebak jumlah anggota keluarga siswa kita, walaupun kita sendiri tidak pernah tau jumlah anggota keluarganya siswa tersebut......baik itu jumlah saudara perempuan maupun saudara laki-lakinya.....bagaimana langkah-langkahnya ..... mari kita coba.

Langkah Pertama

Coba sobat hitung jumlah saudara laki-laki sobat ( termasuk sobat sendiri, jika laki-laki), nah jumlahnya kita kalikan 2 (dua) misalnya 1 adik 2 kakak jumlahnya 4 termasuk sobat jika laki-laki, jumlahnya 3 jika sobat sendiri wanita.

Langkah kedua
Hasil perkalian tadi kalikan 5 misalnya 4 x 5 = 20 atau 3 x 5 = 15

Langkah ketiga
hasil perkalian langkah kedua tadi dikalikan 2 misalnya tadi
 4 x 5 = 20 x 2 = 40 untuk sobat (laki-laki) atau 3 x 5 = 15 x 2 = 30

Langkah keempat
Jumlah langkah keempat ditambah dengan jumlah saudara perempuan sobat misalnya jumlah saudara sobat 2 maka hasilnya 40 + 2 = 42 maka jumlah anggota keluarga sobat berjumlah 6 orang, 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan dan contoh kedua misalnya 2 orang juga maka 30 + 2 = 32 maka jumlah laki-lakinya 3 orang dan perempuannya 2 orang.

untuk melakukan permainan ini kita tidak perlu menghitungnya, coba kita praktekkan dengan para siswa kita sendiri,perintahkan pada siswa untuk menghitungnya dalam hati, dan jika sudah sampai pada langkah keempat baru kita minta siswa tersebut menyebutkan hasil perkalian akhir. nah untuk menebaknya, angkah puluhan adalah jumlah laki-laki, angkah satuan jumlah perempuan.....


http://www.psb-psma.org/content/blog/tips-menghilangkan-rasa-ngantuk-siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar